selamat datang di blog yang sangat sederhana ini. mohon para suhu memberi kritik dan saran. terima kasih.

Rabu, 27 Juli 2011

Animasi shape 2



Di pagi ini saya akan  menyempatkan waktu buat Menuhin conten di blog saya yang baru seumur jagung ini,,,hhe….kali ini saya akan membuat animasi shape 2 menggunakan macromedia flash 8. Memang sich saya juga belum terlalu mahir membuat animasi menggunakan flash, karena saya juga masih dalam tahap belajar. Tapi untuk dasar-dasar dari flash boleh lah nyoba buat share…nah kita mulai aja dech yach,,uupssss,,ada yang lupa, kalo ada yang males baca langkah-langkahnya ampe akhir bisa langsung download disni. Nah sekarang kita mulai yach…
1.       Siapkan lembar kerja dengan tampilan default,,,
2.       Lalu buat lah objek teks pada layer 1 frame 1, menggunakan text tool. saya buat text “cauks”
3.       Setelah itu klik kanan pada frame 50 dan pilih insert keyframe. Tapi sebenernya bebas sich mau di klik di frame berapa juga, tergantung berapa lama animasi yang akan kita buat itu berjalan.
4.       Udah gitu klik pada frame paling akhir, kalo yang saya kan ada di frame 50 jadi saya klik pada frame 50 dan ganti tulisan “cauks” menjadi “campur-campur”.
5.       Kalo udah diganti kita klik frame 1, maka di lembar kerja teksnya menjadi cauks kembali. Kita blok teks tersebut lalu rubah objek teks menjadi objek shape (objek biasa). Caranya adalah dengan menekan ctrl+B sebanyak 2 kali.
6.       Lalu lakukan pada tulisan yang ke dua, yaitu yang berada pada akhir frame, kalo disini contohnya “campur-campur”. Lakukan perubahan objek teks menjadi objek shape (objek biada) pada teks “campur-campur”.
7.       Setelah ke dua teks (teks pada frame pertama dan teks pada akhir teks) menjadi sebuah objek biasa, selanjutnya kita klik satu kali saja diantara frame 1 dan 50, lalu atur propertinya (ada dibawah lembar kerja). Peileih tween nya menjadi shape.
8.       Lalu jalankan lah animasi tersebut dengan menekan ctrl+Enter
Cukup mudah bukan??nah kalo masih ada yang puyeng juga bisa klik disini. Dan kalo ada yang mau nyoba, tapi macromedia flash 8 nya belum punya punya di download disini. Segitu dulu yach tips dari saya semoga membantu…sukses selalu.